Apakah Bisnis Paytren Halal atau Haram?

Hingga kini masih banyak orang yang bertanya apakah bisnis Paytren halal atau haram, mengingat bisnis ini begitu kontroversial. Dia mengadopsi sistem MLM yang jelas-jelas haram dalam syariah Islam, namun setelah diteliti dan ditelusuri, MUI justru memberikan sertifikat halal atasnya. Sertifikat tersebut memang menjadi bukti bahwa bisnis ini secara resmi sudah masuk dalam daftar industri keuangan yang syariah di Indonesia.

Tetapi, sertifikat tersebut ternyata belum cukup untuk menghentikan perdebatan tentang hukum Paytren ini. Buktinya, masih ada saja perdebatan yang membahas tentang halal – haramnya Paytren, dan memang ini sifatnya subjektif mengingat siapa saja boleh mengutarakan pendapatnya. Namun, untuk Anda yang masih belum membentuk opini sendiri tentang Paytren, mari coba simak sejenak ulasan singkat berikut ini:

Bisnis Paytren Halal

Mari kita mulai ulasan mengenai apakah bisnis Paytren halal atau haram dari pandangan orang-orang yang berpendapat bahwa bisnis Ustadz Yusuf Mansur ini halal. Mereka menilai bahwasanya Paytren terbebas dari unsur-unsur riba, tidak ada transparansi di antara pembeli dan penjual atau jahalah, efek negatif atau dhorot, penipuan atau dhoror, sehingga dengan begini Paytren sudah cukup untuk dikatakan halal.

Selain itu kehalalan Paytren sudah lebih pasti dengan diterimanya sertifikat halal dari MUI, karena MUI sendiri pasti akan melakukan pemeriksaan dengan ketat dan tidak mengeluarkan sertifikat itu dengan begitu saja. Ini artinya, Paytren sudah dianggap sebagai bisnis yang tidak melanggar syariah serta aman bila hendak dijadikan sebagai salah satu usaha.

Tambahan lainnya, berbagai transaksi atau akad yang ada dalam Paytren itu adalah sah, karena produknya memang ada sekalipun tidak ada wujudnya. Produk tersebut adalah berupa lisensi dan atau aplikasi. Sementara untuk berbagai bonus yang ditawarkan oleh Paytren sendiri, ini juga tidak ada masalah jika ditinjau dari ilmu fiqh.

Bila hendak diruntut lebih jauh lagi, kita tahu bahwa pemilik Paytren memang ada,kantornya ada serta produk yang dijualnya juga ada. Bisnis ini juga telah bersertifikat APLI serta SIUP L yang berasal dari BKM atau Badan Keuangan dan Penanam Modal.

Kebanyakan bisnis MLM memang mengandung berbagai hal yang tidak baik di dalamnya, namun pendapat ini hendaknya tidak dipukulkan juga pada Paytren, karena kita sebaiknya tidak memperlakukan dua hal dengan cara yang sama. Ada baiknya bila kita melakukan telaah secara mendalam terlebih dahulu.

bisnis paytren halal atau haram

Bisnis Paytren Haram

Meski banyak pihak yang mengatakan bahwa Paytren itu halal, faktanya ada banyak pihak juga yang mengatakan bahwa Paytren ternyata adalah haram. Salah satunya adalah karena dalam Paytren terdapat unsur ghoror, karena pasarnya itu bukanlah layanan pemayaran, tetapi lebih cenderung kea rah mendapat downline.

Kita tahu bahwasanya bila semakin banyak downline yang kita peroleh, maka peluang untuk memperoleh bonus juga semakin besar. Sehingga, niat seseorang membeli malah berubah dari niat awal untuk mempermudah pembayaran jadi lebih cenderung ke arah untuk memperbesar peluang, tujuannya juga lebih mengarah pada komisi dan bonus, bukannya pada produknya.

Di samping itu masih ada berbagai alasan lain yang dikemukakan untuk mendukung haramnya Paytren. Tapi, perlu ditegaskan kembali bahwasanya setiap orang berhak menjatuhkan penilaian atas sesuatu. Namun, sebelum nilai itu diberikan kita perlu mempelajari sesuatu tersebut terlebih dahulu supaya kita jadi memiliki alasan kenapa kita memberikan nilai yang demikian.

Setelah membaca ulasan singkat yang dipaparkan di atas, apakah sekarang Anda sudah menentukan bisnis Paytren halal atau haram?

😑
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu