Bisnis Paytren Haram Benarkah itu ? Ini Penjelasannya

Bisnis MLM seringkali dikaitkan dengan kata haram, dan ada sebagian pihak yang menilai bahwa Paytren juga demikian. Sering mendengar tentang bisnis Paytren kan? Bisnis ini adalah bisnis yang digagas oleh Ustadz Yusuf Mansur, dan termasuk bisnis yang mengadopsi sistem MLM. Inilah kenapa kemudian banyak yang mempertanyakan bisnis Paytrem haram atau tidak mengingat pendirinya adalah seorang ustad kondang.

bisnis paytren haram

Tanggapan dari Ustadz Yusuf Mansur

Santernya opini yang menyatakan bahwa Paytren termasuk dalam bisnis MLM yang diharamkan telah membuat Ustadz Yusuf Mansur angkat bicara. Beliau menjelaskan bahwasanya tujuan Paytren itu adalah untuk mempermudah proses pembelian pulsa, pembayaran listrik serta yang lain-lainnya.

Beliau bahkan memberikan satu contoh, dimana kala itu ada seorang ustadz yang mengatakan bisnis paytren haram. Ustadz tersebut merasa kebingungan setelah turun dari pesawat karena yang bersangkutan belum isi pulsa. Kemudian Ustadz Yusuf Mansur mengisikannya pulsa dengan melalui Aplikasi ini.

Ustadz Yusuf Mansur juga memberikan penjelasan mengenai komisi yang akan diperoleh karena mengajak downline. Beliau menganalogikannya dengan marketing. Perusahaan konvensional mempunyai anggaran marketing supaya produknya bisa terjual. Nah, Paytren menggunakan anggaran tersebut untuk diberikan pada mitra yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan Paytren.

Lebih lanjut lagi beliau memberikan penjelasan bahwasanya bisnis yang beliau dirikan tersebut bukan money game. Kenapa? Karena produk dari Paytren itu jelas, baik dalam bentuk pulsa, token, tagihan listrik maupun yang lain-lainnya. Pun demikian beliau tetap membuka diri apabila terdapat masukan yang terkait dengan Paytren. Jadi, dari penjelasan beliau jelas bahwa bisnis Paytren haram itu tidaklah benar. Karena PayTren Telah mendapatkan sertifikat Syariah dari MUI yang mempertegas kehalalan PayTren.

Penjelasan Paytren dari Ulama Lainnya

Beberapa waktu yang lalu Paytren telah berhasil memperoleh sertifikat halal dari MUI. Jelas ini tidak mengakhiri perdebatan tentang apakah bisnis Paytren haram atau tidak. Bahkan masih ada pula orang-orang yang berpendapat bahwa bisnis ini termasuk haram karena berbagai alasan. Untuk itu mari tengok pendapat dari ulama lain yang mendukung kehalalan bisnis Paytren.

Pendapat lain tersebut menegaskan bahwa MLM itu tidak masalah asalkan memenuhi empat syarat. Adapun empat syarat tersebut terdiri atas tidak mengandung riba, bukan penipuan, bukan bahaya dan terhindar dari ketidakjelasan. Nah, apabila semua syarat tersebut bisa dipenuhi, maka bisnis yang dimaksud adalah halal.

Dan jika kita lihat selama ini, Ustadz Yusuf Mansur sendiri masih berada di jalur yang memenuhi keempat syarat tersebut. Andaipun sistem Paytren ini diselewengkan, secara kasuistik sudah pasti akan menjadi haram. Ambil contoh mudahnya sebilah pisau. Pisau kan benda tajam, tetapi alat ini halal dan bisa dipergunakan untuk apa saja asalkan ujungnya adalah hal yang positif.

Tetapi bila dipakai untuk yang sebaliknya, sudah pasti hukumnya akan berbalik menjadi haram. Jika merujuk pada berbagai penjelasan di atas sudah jelas bahwa pernyataan bisnis Paytren haram itu tidaklah benar. Pun demikian, apabila Anda memiliki pendapat yang lain, itu juga adalah hal yang diperbolehkan.

😑
☹️
😐
☺️
😍
4.67/5😍3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu